Halaman

Ads 468x60px

Jumat, 26 November 2010

yang diamati? 1

persis seperti sapi ompong aku berada di ruangan ini. sementara yang lain sibuk mengudarakan ide-ide nya, suaraku harus rela ku telan sendiri dan tek perlu bersusah payah untuk dikeluarkan. eit, jangan berperasangka negatif dulu bahwa aku terdiskriminasi. karena memang begitulah seharusnya.
semula, saat melihat peserta yang hadir lumayan menyisakan banyak tempat kosong, aku memberanikan diri bersuara ketika di tanya mau masuk komisi mana, namuan celetukan mbak yani -sekretaris cmars, yang mengajak ku untuk ikut acara RUA 1- menyadarkan juga memberikan rembesan malu yang tiba-tiba saja memerah jambukan wajahku. nah, kenapa bisa begitu? jelas saja, aku datang ke acara RUA 1 JAMAK Jatim ini atas ajakan LSM Cmars sebagai pengamat karena aku akan mengambil penelitian skripsi di cmars tentang peran cmars dalam pemberdayaan masyarakat Tionghoa miskin kota stren kali surabaya. kebetulan cmars salah satu pemrakarsa atas adanya JAMAK (Jaringan masyarakat anti kekerasan) dan membolehkan saya untuk menyertakan diri.
nah, sehubungan dengan itulah aku duduk, diam, dengarkan plus Ttd di acara tersebut. aku teringat sewaktu mengikuti sertifikasi alqur'an metode Umi di asrama ku. dikatakan bahwa ada 4s yang menjadi patokan dalam pergaulan: senyum, sapa, salam dan santun. bedanya aku menghilangkan poin salam di sini.
waw, berada di antara mereka yang telah saling akrab. sebagai peserta baru, tentu saja saya baru dilihat, baru dikenal itupun hanya sebatas fisik luar (terlihat bagaimanakah saya?), dan tentu saja sapaan juga tatapan penuh tanda tanya kulihat jelas terpancar dari berpasang mata yang tertuju pada saya. tak jadi soal memang. hanya saja saya jadi berpikir : saya hadir diacara ini sebagai pengamat, hingga ketika sampai di sini malah saya yang diamati. ahahaaa -pengamat yang diamati- pikir saya cukup membuat perut saya keram karena lama tertawa sendiri di kamar mandi wisma PKK tempat peserta menginap. acara berlangsung 2 hari, 24-25 Nov 2010,....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aktifity