Halaman

Ads 468x60px

Kamis, 01 Juli 2010

dibilang PAR?

datang dan temuilah masyarakat, kenali sebagai persiapan sosial. menyakup kenali bahasa, adat istiadat, tradisi termasuk ha-hal yang sensitif tidak boleh di ungkit di masyarakat tersebut. jangan lupa kenali pula toga-tomas (tokoh agama dan tokoh masyarakat). buatlah tim riset yang terdiri dari orang dalam (masyarakat itu sendiri) dan orang luar (peneliti/LSM/PMI). rencanakan tindakan yang akan dilakukan kedepannya bersama masyarakat dengan duduk bersama, bermusyawarah, serta beri masyarakat kapur/spidol. biarkan masyarakat menemukan sendiri masalah maupun potensi yang ada di lingkungan mereka. Planning Action---> Refleksi.
cari tahu sejarah lokasi penelitian (ternasuk pada organisasi-organisasi yang ada tanpa terorganisir dalam struktur kepemerintahan).
lakukan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. jangan menggurui dan jangan menjastis sebelum menemukan fakta yang konkrit. biarkan masyarakat yang mengatakan halnya sendiri. banyak bertanya, termasuk bagaimana masyarakat memperlakukan orang asing dan bagaimana seharusnya orang asing berlaku di masyarakat itu.---> bersambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aktifity